Secara definisi company profile banyak ungkapan yang disampaikan. Salah satunya mengatakan bahwa company profile adalah grafik atau ikhtisar yang mengungkapkan berbagai fakta dan hal-hal khusus tentang sebuah perusahaan dalam rangka menunjukkan identitas ataupun ciri-ciri perusahaan tersebut. Dari berbagai definisi, tujuannya tetap sama, yaitu sarana mengenalkan perusahaan dengan memakai media yang ada.

Jadi berdasar definisi tersebut, video profil merupakan salah satu jenis media yang digunakan untuk menyebarkan company profile. Sehingga seberapa penting video company profile adalah sama dengan pertanyaan seberapa penting company profile itu sendiri. Nah, karena itu kali ini saya ulas 4 alasan pentingnya sebuah company profile, khususnya berwujud video.

4 Alasan dan Kenapa Video Company Profile Sangat Penting dan Wajib Anda Buat

Ada banyak ragam cara orang memperkenalkan perusahaannya dengan company profile. Namun khusus video, ada banyak sisi keunggulan yang dimilikinya. Alasan paling mendasar adalah sebagai berikut.

1. Video Company Profile Ampuh Sebagai Alat Promosi

Company profile terdiri dari kumpulan informasi penting dari perusahaan Anda. mulai dari sejarah, visi, misi, jajaran direksi, prestasi yang telah dicapai, hingga portofolio yang mengungkapkan kinerja perusahaan Anda.
Saat bertemu dengan calon klien, calon mitra atau bahkan calon investor baru, tentunya memperkenalkan perusahaan secara menyeluruh adalah kewajiban. Sebenarnya bisa saja company profile yang anda sajikan dalam bentuk presentasi power point, brosur, ataupun buku saku. Namun bandingkan sisi menariknya jika dihadirkan dalam bentuk video company profile. Tentu lebih menarik, menggugah, dan mengesankan perusahaan Anda sudah berkelas.

2. Video Company Profile Adalah Marketing Tools Yang Ampuh

Alasan selanjutnya kenapa company profile Anda sebaiknya berbentuk video adalah karena company profile merupakan salah satu marketing tools terampuh. Anda memang dapat memvisualisasikan perusahaan Anda dengan bahasa dan ungkapan yang Anda kuasai. Namun akankah setiap pertemuan dengan calon klien Anda harus berbusa-busa mempromosikan perusahaan yang Anda kelola?

Apalagi di zaman keterbukaan di mana teknologi informasi sudah seperti saat ini. Video company profile yang anda unggah ke Youtube, media sosial dan website akan mudah diakses dan disebarkan pengguna internet. Apalagi jika videonya bagus dan menarik. Nah, di sinilah company profile dalam bentuk video lebih unggul dalam hal marketing.

3. Video Company Profile Merupakan Bentuk Rencana Bisnis

Bisa dikatakan company profile adalah suatu perpanjangan dari rancangan bisnis Anda. Hanya saja yang disuguhkan haruslah berupa fakta dan hasil nyata. Bukan hanya harapan dan rencana saja. Karena itu dalam video company profile harus mengungkapkan hal-hal yang sudah tercapai sekaligus rencana yang akan dilakukan.

Video profil harus menarik bagi pihak-pihak yang Anda targetkan untuk tertarik. Sekali lagi, keunggulan video adalah Anda tidak harus berbusa-busa dengan retorika, calon klien juga tidak usah lelah membaca brosur, ataupun harus jenuh mendengar pemaparan Anda. Anda tinggal melengkapi hal-hal yang tak tertuang dalam bentuk video.

4. Company Profile Berbentuk Video Lebih Berkesan dan Berkelas

Dengan company profile yang berbentuk video maka perusahaan Anda akan nampak lebih berkelas dan profesional. Juga membuktikan bahwa Anda tidak gaptek, dan menegaskan bahwa perusahaan Anda siap menerima dan beradapatasi dengan kemajuan teknologi.

Untuk mencapai tujuan pembuatan video company profile yang saya jadikan juga sebagai alasan di atas, maka video Anda memang harus bagus dan berkualitas. Bukan asal-asalan. Jika kesulitan untuk membuat video company profile sendiri, atau staf Anda belum menguasai, atau karena ketiadaan peralatan yang bagus, maka serahkan saja pada ahlinya. Misalnya dengan menghubungi Mas Bos Mulitmedia. Selamat berbisnis.