1. IDE DAN GAGASAN
Ide atau gagasan menyebutkan timbulnya konsep yang merupakan  dasar bsgi semua macam ilmu pengetahuan. Ide timbul atas dasar pemikiran tentang suatu produk tertentu. Ide merupakan suatu yang sangat penting dalam mendukung kehidupan manusia.
Maka dari itu, untuk membuat sebauh video presentasi harus dimulai dengan menciptakan ide atau gagasan.
Karena ide merupakan pondasi atau landasan utama dalam keseluruhan proses pembuatan video,hal yang perlu di perhatikan adalah sasaran pembuatan video tersebut dan untuk apa video presentasi tersebut. Jangan sampai sasaran dan tujuan video tersebut salah.
Untuk memperoleh video dengan kualitas yang baik maka di perlukan ide atau gagasan yang cemerlang
2. SINOPSIS
Berdasarkan ide maka terciptalah sinopsis. Sinopsis ialah rangkaian peristiwa yang di kisahkan dalam bentuk uraian yang singkat dan jelas. Sinopsis dapat pula diartikan sebagai alur cerita video yang di jelaskan dalam bentuk teks yang jelas sehingga orang yang menyaksikan video tersebut memahami jalanya cerita .
tujuan di perlukannya sinopsis ialah untuk meningkatkan kemampuan penulis supaya alur cerita pada video yang di produksinya lebih teratah.
Pada sinopsis terjadi pemendekan alur cerita cerita dengan tetap mempertahankan inti atau alur ceritanya. Untuk itu di perlakukan sinopsis supaya presentasi video branding memiliki alur cerita yang mudah di pahami. Dengan adanya sinopsis ini juga dapat mempermudah dalam pembuatan naskah cerita pada video.
3. NASKAH
Naskah merupakan kumpulan teks yang berisi alur cerita dalam suatu dialog (penulisan sebauh naskah berdasarkan ketentuan, aturan yang sudah lazim, dan sudah di sepakati) (saputra, 2013: 157). Naskah berisi alur cerita atau skenario sebuah video. 
Menurut sasono, skenario itu harus memenuhi persyaratan teknis yang layakk. Sebagai alat bantu, skenarioitu tetap memiliki aturan-aturan dalam menyajikan hal-hal teknis seperti: penyajian, plot, deskripsi visual (sekalipun terbatas), pemilihan kata dan sebbagainya.
Hanya skenario yang memiliki syarat-syarat inilah yang mampu menghadirkan nilai tambah literer ketika dibaca terpisah dan filmnya,(pramudia,hlm.3). Naskah dalam pembuatan presentasi video dibuat supaya presenter mengerti secara detail tentang materi apa yang akan disampaikan 
4. PENCAHAYAAN SEDERHANA
Dalam pembuatan video pencahayaan perlu di perhatikan. Pencahayaan dibuat sesederhana mungkin selama pengambilan video berlangsung. Saat pengambilan video, disarankan terdapat tiga sumber cahaya, subjek harus menghadap sumber cahaya utama, dan sumber cahaya yang lain berada disebelah kanan dan kiri.