1. Branding adalah strategis, dan advertising adalah taktis. Tindakan paling strategis yang akan Anda dapatkan dari advertising agency adalah mengenai penjelasan singkat bahwa iklan Anda yang akan ditampilkan akan mengenai segmen konsumen mana. Tetapi setelah itu, apa yang akan Anda dapatkan? Bagaimana agar brand Anda mampu menjadi brand yang dekat secara personal kepada calon konsumen? Bagaimana Anda mampu mengenali konsumen secara dalam agar Anda mampu membangun karakter brand yang mengena di hati dan pikiran konsumen?

Sebuah brand consultant akan membuat rencana pengembangan atau brand blueprint yang akan mendorong strategi brand tersebut, dari internal hingga eksternal. Pendekatan holistik ini akan membahas semua elemen kunci dari pembuatan brand, mulai dari pembuatan elemen visual perusahaan, masalah perekrutan pegawai, hingga pelatihan untuk departemen yang berhubungan langsung dengan pasar untuk membentuk karakter brand di hadapan konsumen.

Brand consultant akan bekerjasama dengan Anda untuk memastikan bahwa sumber daya yang terbaik dari Anda benar-benar dialokasikan dengan efektif dan efisien untuk membangun brand Anda dengan selaras keseluruh departemen dalam perusahaan.

2. Advertising Agency melakukan pengiklanan. Karena memang dibidang itulah bagusnya mereka. Para advertiser menggunakan kreativitas untuk membuat pesan yang “licin” (yang biasanya sudah didefinisikan oleh client mereka) untuk mendapatkan perhatian Anda. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan berbagai media mulai TV, radio, billboard, website, dan lainnya. Idenya adalah untuk mendapatkan cukup perhatian dari audiens tentang kampanye iklan serta pesan  yang dibawa, yang kemudian diharapkan akan tersebar dengan sendirinya kepada calon konsumen lainnya. Tentu saja para advertising agency ini akan meminta komisi atas jasa mereka.

Jika hal tersebut tidak bekerja dengan baik bagi Anda, yang bisa Anda lakukan adalah mengganti ide iklan dengan yang lain, atau mengganti advertising agency yang Anda sewa saat ini dengan agency lainnya, dengan berharap bahwa agency yang lainnya bisa mengiklankan dengan lebih baik. Seperti itu terus hingga Anda mendapatkan respon iklan yang positif dari pasar.

Ketika konsumen telah kehilangan kepercayaan kepada model marketing tradisional, dan semakin tidak mempercayai berbagai iklan yang muncul di berbagai media, maka akan semakin sulit pula untuk mengandalkan model pengiklanan seperti itu. Kecuali Anda memiliki dana yang sangat besar untuk iklan, Anda bisa dengan senang hati membuang dana Anda untuk memanfaatkan model pengiklanan yang tradisional dan berharap akan mendapatkan pangsa pasar yang besar.

Sebuah brand consultant akan mengaudit Anda terlebih dahulu, dari bisnis, industri, proses, sistem, stakeholder, dan aspek lainnya, untuk menentukan cara apa yang efektif untuk membangun brand bisnis Anda. Berbagai solusi yang dikeluarkan mungkin juga berhubungan dengan advertising, tetapi juga menyangkut perbaikan bidang lainnya seperti HRD, operation, customer relation, dan sebagainya.

 3. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan advertising agency, akan bertemu dengan yang namanya creative director (mungkin berbeda namanya di agency lain). Ketika agency tersebut mengalami kesulitan saat menghandle proyek iklan dari Anda, mereka akan mencari talent tambahan yang memiliki pengalaman di industri Anda.

Sialnya, ketika talent yang diharapkan tidak tersedia, mungkin sedang menggarap proyek kompetitor, Anda akan mendapatkan pengganti yang levelnya lebih rendah dari yang Anda harapkan, dan tingkat kesuksesan kampanye iklan Anda pun akan ikut menurun.

Karena branding adalah bersifat strategis, bukan inisiatif marketing yang taktis, maka perlu adanya kerjasama dan keterlibatan dengan manajemen C-level  untuk membangun dan mengembangkan brand, yang dimana strategi yang dibuat benar-benar diketahui dan dijalankan oleh pihak manajemen yang tepat.

4. Tidak perlu penghargaan. Biasanya, para advertising agency dianggap sukses ketika mereka memenangkan berbagai penghargaan dibidang kreatif, bukan dilihat dari peningkatan penjualan hasil kampanye iklan.

Sedikit sekali penghargaan dibidang brand consultant, dimana hal tersebut adalah hal yang bagus. Brand consultant bisa fokus untuk membantu meningkatkan profit dari implementasi strategi yang dibuat untuk client.

5.Strategis VS Taktikal. Advertising agency berfokus pada serangkaian kegiatan taktis untuk mendapatkan konsumen. Brand consultant berfokus membangun strategi untuk mendapatkan dan mempertahankan konsumen.

6. Cara pemarasaran tradisional sangat membuang sumber daya, seperti halnya periklanan tradisional, ketika kampanye tersebut ditujukan terlalu luas, padahal realitanya banyak yang tidak membutuhkan produk atau jasa tersebut ataub bahkan tidak sanggup untuk membelinya. Sebuah laporan dari Harvard Business Review menunjukkan sebuah studi di UK, bahwa 72% dari CEO sudah sangat enggan ketika diminta kucuran dana untuk departemen marketing yang tanpa penjelasan mengenai dampak dari kampanye marketing yang mereka lakukan, dan apa dampak peningkatan bagi bisnis mereka.

Brand consultant akan memastikan bahwa dana dan sumber daya yang dialokasikan benar-benar untuk menjalankan strategi yang sesuai, dengan segmen pasar yang sesuai, dan menggunakan metrik pengukuran.

7. One size fits all? No. Advertising menggunakan template taktik yang sama untuk segala situasi, dimana biasanya menggunakan media massa dari berbagai channel.

Brand consultant mengumpulkan dan memanfaatkan data yang spesifik untuk mengembangkan komunikasi yang ditargetkan keseluruh channel digital, sembari tetap mempertahankan komunikasi dengan konsumen yang sudah dikenal.

 8. Sebuah advertising agency akan melihat posisi pesaing dan mencoba untuk menawarkan keuntungan kepada client dilihat dari tindakan kompetitor. Cara ini adalah cara yang cacat, karena perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang gesit. Dan ketika agency telah menemukan taktik yang bagus, strategi kompetitor dan kondisi pasar telah berubah dengan cepat.

Sebuah brand consultant akan sangat menyadari kegiatan kompetitor dan menggunakan pengetahuan tersebut untuk memperkuat posisi client dari kompetitor, dan di industri, dan tidak akan membiarkan kompetitor bergerak maju dengan strategi mereka.

9. Dampak dari kampanye advertising agency sulit untuk diukur. Brand consultant menggunakan berbagai metrik untuk mengukur berbagai macam kegiatan dari strategi client.

Source : https://allenherlambang.wordpress.com/2016/02/16/apa-perbedaan-dari-advertising-agency-dengan-brand-consultant/