Rencanakan Video Anda dengan Metodologi Inbound

Seringnya, perusahaan langsung melakukan lompatan besar pada peluang membuat video pertama mereka. Mereka menghabiskan banyak uang untuk jenis video penjelajah/ edukasi untuk homepage mereka, tetapi begitu proyeknya sudah selesai, semua rencana ke depan videonya berhenti di situ saja.

Di sisi lain, banyak juga brand menghasilkan banyak video-video ramah semacam ucapan hari raya dll di media sosial mereka. Tetapi karena mereka hanya meniru model umum yang mereka lihat, ada sedikit substansi dari kontennya dan mereka jadi kurang memperhatikkan kebutuhan audiens/ customer potensial mereka sebenarnya.

Mengingat waktu, uang, dan sumber daya yang akan Anda habiskan dalam video marketing, proyek ini tidak bisa menjadi kegiatan impulsif yang langsung terjun begitu saja dalam praktiknya. Jadi, Anda harus membuat strategi pemasaran video komprehensif yang mencakup bagaimana saluran pemasaran dan penjualan Anda. Ini berarti Anda perlu berpikir dalam konteks Metodologi Inbound.

Metodologi Inbound adalah pendekatan pemasaran dan penjualan yang berfokus untuk menarik pelanggan melalui konten dengan menciptakan interaksi yang relevan serta bermanfaat bagi audiens. Setiap video yang Anda buat harus mengakui bahwa ada tantangan yang dialami audiens Anda dan brand Anda juga harus kasih solusinya. Jika digambarkan garis besarnya, konten ini memandu audiens untuk melalui perjalanan mulai dari menjadi sadar, mengevaluasi sikap mereka sejauh ini, lalu membeli produk atau layanan Anda.

Buatlah Storyboard Video Anda

Mulailah menulis skrip Anda seperti pada saat Anda hendak memulai posting blog. Buat daftar poin-poin kunci Anda dan tampilkan urutan pesannya secara logis. Selain itu, Anda mungkin juga perlu memilih host video atau pembicara dengan jenis suara dan penampilan yang menarik sehingga orang tertarik untuk menontonnya.

Siapkan Studio/ Tempat Rekaman Anda

Siapkan apa saja yang jadi kebutuhan rekaman Anda. Anda mungkin membutuhkan tripod, lampu, mikrofon, dan lain sebagainya. Coba daftar dan jika budget Anda terbatas, Anda bisa mempelajari trik-trik pengganti fungsi benda-benda mahal alat perekaman. Soal tempat, cobalah untuk melihat tempat mana yang pas dengan konten video Anda sekaligus menarik secara visual. Anda bisa saja mendekor ruangan kerja Anda untuk syuting. Intinya, buatlah audiens Anda tertarik untuk menonton video marketing Anda sampai habis, tapi jangan sampai uang Anda habis.

Rekam dan Sunting Video Anda

In tentunya jadi langkah paling krusial yang harus Anda lakukan. Rekamlah dan sunting hasil rekaman Anda. Anda juga bisa memanfaatkan template video gratis yang kini sudah banyak disediakan di internet untuk memberi after effect pada video marketing Anda.

Bagi Anda yang membutuhkan jasa branding agency jakarta dapat segera menghubungi kami pada nomor yang tersedia

Source : https://www.dewaweb.com/blog/video-marketing/